Find Us On Social Media :

Soal Pakai Masker Saat Sendiri di Mobil, Epidemiolog UI Ungkap Manfaatnya

Alasan kenapa harus pakai masker di mobil meski saat berkendara sendirian.

GridHEALTH.id - Demi meminimalisir penularan virus corona (Covid-19) masyarakat kini diwajibkan menggunakan masker saat bepergian keluar rumah.

Penggunaan masker ini juga berlaku ketika kita di dalam mobil. Meski berkendara sendirian, pemerintah tetap mewajibkan kita untuk selalu mengenakan masker.

Aturan ini pun sempat menjadi perdebatan, pasalnya banyak pihak yang berpendapat bahwa pemakaian masker saat di mobil tidak berpengaruh terhadap penularan virus corona.

Meski demikian Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono menilai penggunaan masker saat berkendara sangat penting, termasuk saat berkendara sendiri menggunakan mobil.

"Kalau kita mau mencegah ( penularan Covid-19), maka skala aturannya harus lebar. Banyak orang beranggapan, menyetir sendirian di dalam mobil, tetapi apakah yakin tetap tidak perlu masker," kata Pandu dilansir dari Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Breaking News ! Menteri Agama Fachrul Razi Positif Virus Corona

Baca Juga: Ketua KPU dan Anggota Bawaslu Positif Corona, Ketua Bappilu: 'Pak Jokowi dan Beberapa Menteri Terkena Covid-19, Dirawat di Rumah Sakit', Benarkah?