Find Us On Social Media :

Terungkap Bagaimana Cara Penularan Virus Corona di Kabin Pesawat, Ini Penjelasannya

Ilustrasi - Bagaimana virus corona menyebar di kabin pesawat akhirnya terungkap.

GridHEATH.id - Penularan virus corona (Covid-19) masih menjadi misteri yang tengah diungkapkan para ahli.

Pasalnya meski sudah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti jaga jarak tempat duduk dan penggunaan masker, tapi tetap saja ada yang masih tertular Covid-19.

Menanggapi hal itu, dua hasil penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Emerging Infectious Diseases disebut menjadi jawabannya.

Penelitan pertama adalah studi yang mengamati empat orang dalam penerbangan 15 jam yang sama dari Boston, Amerika Serikat ke Hong Kong yang kemudian keempatnya dinyatakan positif Covid-19.

Dalam kasus tersebut, ditemukan urutan genetik virus pada keempatnya adalah identik, yang sangat menunjukkan bahwa virus dapat ditularkan selama perjalanan udara.

Studi lain memeriksa penerbangan 10 jam dari London, Inggris ke Hanoi, Vietnam, di mana 16 penumpang ditemukan terjangkit virus ini.

Baca Juga: PSBB Ketat Sempat Terancam Tidak Disetujui, Pengamat: 'Komunikasi Antara Pusat dan DKI Jakarta Terganggu dalam Menangani Covid-19'

Baca Juga: Dikiranya Sama Dengan Hand Sanitizer yang Mengandung Alkohol, Ada yang Minum Cap Tikus Untuk Enyahkan Virus Corona!