Find Us On Social Media :

Temuan Baru, Virus Corona Juga Menyerang Sumsum Tulang Belakang

Virus corona ternyata juga bisa menyerang sumsum tulang belakang.

GridHEALTH.id - Setelah menyerang paru-paru, otak, jantung dan pembuluh darah, sumsum tulang belakang dinilai tempat yang masih aman dari kerusakan akibat Covid-19.

Tetapi sebuah penelitian di rumah sakit Universitas Manchester di Inggris menemukan perubahan yang sebelumnya tidak dikenali dalam sel kekebalan yang baru diproduksi, yang disebut monosit, dilepaskan ke dalam darah dari sumsum tulang.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tubuh merespons Covid-19, para peneliti memperoleh "potret" serial kesehatan kekebalan pasien dengan menganalisis sel kekebalan mereka di berbagai titik, termasuk di sumsum tulang belakang,  selama mereka dirawat di rumah sakit.

Pada pasien Covid-19 dengan penyakit yang lebih parah, monosit tidak berfungsi dengan baik, para peneliti di Universitas Manchester ini melaporkan minggu lalu di Science Immunology (04/10/2020).

Baca Juga: Sering Merasakan Nyeri Di Area ini? Kemungkinan Menderita Kista Tulang Belakang

Baca Juga: Alasan Medis Larangan Bercinta Saat Haid, Ini Penjelasan Dokter

Belum jelas apakah monosit dilepaskan dari sumsum tulang dalam keadaan berubah atau apakah perubahan terjadi setelah monosit memasuki darah, rekan penulis Tracy Hussell dari University of Manchester di Inggris mengatakan kepada Reuters (05/10/2020).