Find Us On Social Media :

Tak Cuma Buat Sesajen, Kemenyan Ternyata Bisa Menyembuhkan Borok Luka

Selain digunakan dalam upacara ritual adat, kemenyan juga memiliki fungsi bagi kesehatan dan kecantikan.

GridHEALTH.id - Kemenyan asalnya dari getah pohon spesies stryraz. Selama ini kemenyan identik dengan acara ritual berbau mistik untuk sesajen. Tetapi ternyata, kemenyan menjadi  komoditi ekspor unggulan Indonesia.

Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik), pada tahun 2018 luas lahan yang ditanamani kemenyan di Provinsi Sumatera Utara saja mencapai 23.068 hektare.

Dari lahan seluas itu mampu memproduksi getah sebanyak 8.332 ton. Sedangkan, potensi pasar yang bisa diraih dengan produksi sebanyak itu mencapai Rp2,08 triliun per tahun.

Apabila di pasar lokal harga kemenyan rata-rata Rp250 ribu per kilogram, dengan produksi getah 8.332 ton, maka nilai perdagangan dari kemenyan mampu mencapai Rp2,08 triliun per tahun.

Baca Juga: Minyak Esensial Alami Untuk Aromaterapi, Memperbaiki Kualitas Tidur Hingga Membunuh Kuman

Baca Juga: Kelebihan Protein Hewani Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Selain digunakan dalam upacara ritual adat, kemenyan juga memiliki fungsi bagi kesehatan dan kecantikan. Dikutip dari harapanrakyat.com (18/10/2020), berikut beberapa manfaat kemenyan;

1. Digunakan dalam industri komestik dan farmasi

Sampai sekarang ini kemenyan menjadi campuran dupa, rokok, sabun, porselen, bahan baku industri parfum, kosmetik, obat-obatan, dan farmasi.

Kemenyan memiliki kandungan utama asam sinamat. Dalam dunia industri kosmetik, zat asam sinamat berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet atau sinar matahari.