Find Us On Social Media :

5 Penyebab Darah Haid Mengucur Deras, Mulai Masalah Hormon Hingga Disfungsi Ovarium

Darah yang sangat banyak keluar di saat haid (menorrhagia) sering menimbulkan kekhawatiran tersendiri sekaligus rasanya sangat tidak nyaman.

GridHEALTH.id - Semua wanita yang normal akan mengalami siklus haid atau siklus menstruasi setiap bulannya.

Ada yang lancar tidak ada masalah, ada yang memiliki beberapa masalah seperti haidnya terlalu lama, terlalu cepat, darah yang keluar terlalu sedikit atau mungkin sangat banyak.

Darah yang sangat banyak keluar di saat haid (menorrhagia) sering menimbulkan kekhawatiran tersendiri sekaligus rasanya sangat tidak nyaman.

Biasanya seorang wanita mengeluarkan volume menstruasi rata-rata 30-40 ml sebulan pada masa menstruasi. Namun beberapa wanita mengeluarkan hingga lebih dari 60 ml sebulan.

Dikutip dari Woman Health Magazine, berikut ada 5 penyebab mengapa menorrhagia terjadi;

1. Hormon tidak seimbang

Penyebab utama dari darah yang keluar terlalu banyak saat masa haid adalah karena faktor hormon yang tidak seimbang. Keseimbangan hormon estrogen dan progesteron akan mengatur lapisan rahim (endrometrium).

Apabila hormon yang dihasilkan tubuh seimbang maka darah yang keluar akan sesuai tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Baca Juga: Mengenal Darah Haid, Mengapa Ada yang Encer, Kental Atau Berlendir?

Baca Juga: Wacana Kembali Ke Sekolah Di Awal Tahun, Bisakah Filter Udara Membantu Ruang Kelas Bebas Dari Covid-19?

Tetapi ketika hormon tersebut tidak seimbang maka lapisan rahim yang terbangun akan lebih banyak sehingga darah yang keluar menjadi lebih banyak.