Find Us On Social Media :

Pasien Cuci Darah Bisa Pergi Liburan dengan Melakukan Hal-hal Ini

Diperlukan perencanaan dan persiapan matang agar liburan mereka yang melakukan cuci darah dapatberjalan lancar, aman, dan nyaman.

 

GridHEALTH.id – Pasien cuci darah (hemodialisis) selama ini seolah terpaku pada jadwal untuk melakukan cuci darahnya sehingga berpikir alangkah sulitnya untuk melakukan liburan/wisata.

Padahal justru sebaliknya, berlibur sejenak bagi pasien cuci darah sangat disarankan untuk menyegarkan dan menyehatkan pikiran pasien yang telah lama berkutat menjalani rutinitas pengobatan.

Namun demikian diperlukan perencanaan dan persiapan matang agar liburan berjalan lancar, aman, dan nyaman. Salah satunya adalah memastikan pasien tidak melewatkan jadwal cuci darah rutin yang sudah ditentukan.

Dikutip dari laman Rumah Sakit Siloam, berikut ini beberapa tips sehat traveling aman dan nyaman bagi pasien hemodialisis yang bisa diikuti:

1. Konsultasikan ke dokter untuk memastikan tubuh dalam kondisi fit to travel

Jika merasa tidak sehat, lebih baik tunda bepergian dan jalani pengobatan secara teratur hingga sembuh. Hal ini mencegah terjadinya kondisi tubuh yang drop saat liburan.

2. Pilih tempat bepergian yang memiliki fasilitas hemodialisis

Kita dapat mencari tahu terlebih dulu daftar fasilitas kesehatan di tujuan wisata yang melayani cuci darah bagi pasien hemodialisis sebelum menentukan tempat liburan yang sesuai.

Baca Juga: Waspadai, Ini Dia 3 Dampak Tekanan Darah Tinggi Pada Ginjal

Baca Juga: 4 Cara Jitu dan Cepat Mencegah dan Mengatasi Lidah Terasa Pahit

3. Pastikan fasilitas hemodialisis tetap buka pada jadwal bepergian

Selain memilih tempat wisata dengan fasilitas kesehatan, jangan lupa untuk mencari tahu jadwal pelayanan hemodialisis di fasilitas kesehatan tersebut. Setelahnya, sesuaikan jadwal pelayanan dengan hari berlibur.