Find Us On Social Media :

Meski Jadul, Toilet Jongkok Ternyata Lebih Sehat Daripada Toilet Duduk

Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari penggunaan toilet jongkok

GridHEALTH.id - Toilet jongkok merupakan jenis toilet tradisional yang banyak digunakan di Indonesia dan sering kali dibilang ketinggalan zaman alias jadul. Di kampung-kampun pun begitu. Pada saat ini, penggunaan toilet duduk juga mulai marak digunakan.

Walau lebih nyaman dan tidak melelahkan, toilet duduk sesungguhnya tidak bisa memberi manfaat kesehatan sebanyak toilet jongkok. Hal ini disebabkan karena posisi ketika menggunakannya.

Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari penggunaan toilet jongkok ini.

Dilansir dari Times of india, berikut sejumlah dampak positif kesehatan yang bisa kamu peroleh dari penggunaan toilet jongkok.

1. Meningkatkan kebugaran

Berjongkok ketika menggunakan toilet bisa membuat kita menjadi berolahraga setiap hari dan berdampak baik bagi kesehatan.

Toilet jongkok bisa membuat kita berolahraga sambil buang air sehingga tubuhmu menjadi lebih bugar terutama pada bagian kaki.

Baca Juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Akhirnya Dinyatakan Negatif Virus Corona Setelah Sebulan Isolasi Mandiri

Baca Juga: Kanker Prostat Masih Menjadi Momok Bagi Pria, Penderita Lansia Perlu Waspada Risiko Pengobatan

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Jongkok bisa memberikan tekanan pada makanan di perut sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Menggunakan toilet duduk tidak memberi cukup tekanan pada perut dan sering tidak membuatmu benar-benar puas dan plong ketika buang air besar.