Find Us On Social Media :

Beda Kista dan Miom, Gangguan Tumor Jinak Pada Organ Reproduksi Wanita

Perbdaan kista dan miom, gangguan tumor jinak pada organ reproduksi wanita.

GridHEALTH.id - Kista dan mom masuk dalam kategori tumor jinak pada organ reproduksi wanita. Meski terlihat sama, namun keduanya memiliki kondisi yang berbeda. Perbedaan keduanya bisa terlihat dari letak dan bentuknya.

Kista itu sendiri merupakan kantung yang berisi cairan tumbuh dan berkembang di daerah indung telur atau ovarium.

Bisa saja terjadi di salah satu sisi atau bahkan keduanya. Sedangkan miom merupakan penyakit pertumbuhan sel yang jinak dari otot dinding rahim.

Dari ukuran dan bentuknya, beda kista dan miom sudah terlihat. Ukuran miom bisa semakin membesar yang bisa menimbulkan sakit perut parah saat haid. Namun, tidak ada gejala yang ditimbulkan meski ukurannya mulai tak terlihat hingga membesar.

Sedangkan pada kista merupakan kantung berisi cairan udara yang berada dalam ovarium. Ukurannya mulai dari sekecil kacang hingga lebih besar dari jeruk. Penyakit yang menyerang ovarium ini mirip dengan struktur kantung tertutup.

Lokasi terjadinya penyakit kista biasanya terletak dalam selaput tipis dalam ovarium. Sedangkan miom tumbuh pada lapisan otot rahim.

Baca Juga: Miom, Penyakit Wanita Turunan yang Bisa Mengakibatkan Keguguran

Baca Juga: Epidemiolog Dicky Budiman: Kalau Tidak Lakukan Pengendalian Sekarang, Indonesia Baru Reda Covid-19 Pada 2024

Pertumbuhan yang timbul ini dapat bervariasi ukurannya. Miom tidak memiliki risiko menjadi kanker rahim. Ada beberapa jenis miom berdasarkan lokasi tumbuhnya penyakit.