Find Us On Social Media :

Waspada Flu Perut, Tidak Kalah Menakutkan dari Infeksi Covid-19

Waspada flu perut, sama menyeramkannya dari virus corona.

GridHEALTH.id - Saat ini semua orang fokus pada satu penyakit yang menakutkan, yaitu infeksi Covid-19.Infeksi Virus SARS CoV-2 ini seperti halnya flu yang kita kenal, tapi sangat agresif bisa membuat seseorang terkena pneumonia.

Baca Juga: Kesaksian Dokter Tirta Setelah Disuntik Vaksin Sinovac: 'Itu Isinya Virus Mati'Tapi tahukah, sejatinya flu menakutkan, jika menyerang pada mereka yang daya tahan tubuhnya lemah, apalagi memiliki komorbid.Untuk diketahui, melansir WebMD, salah satu flu yang tidak boleh dianggap enteng dan sebelah mata adalah flu perut.

Baca Juga: Infeksi Lambung Betrand Peto dan Penyebabnya, Tidak Ada Hubungannya dengan Makan Terlalu CepatFlu perut dinamakan demikian, karena menyerang seseorang dengan keluhan atau gejala diare, muntah, mual, dan sebagainya.Penting dicatat, meski umum disebut flu perut, gastroenteritis tidak sama dengan influenza.Flu pada umumnya (influenza) hanya memengaruhi sistem pernapasan. Mulai dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru.Gastroenteritis, menyerang usus, menyebabkan tanda dan gejala, seperti: Diare encer, biasanya tidak berdarah.

Baca Juga: Alih-alih Kebal Covid-19, Penerima Vaksin Sinovac Dipastikan Masih Bisa Terinfeksi CoronaJika sampai berdarah biasanya mengalami infeksi lain yang lebih parah; kram dan nyeri perut, mual, muntah atau keduanya, nyeri otot atau sakit kepala sesekali, demam ringan.Flu perut jika menyerang anak, anak bisa mengalami dehidrasi dengan cepat.Karenanya orangtua harus teliti mengamati tanda-tanda sebelum dehidrasi terjadi.

Baca Juga: Tentukan Jenis Kelamin Janin dengan Melihat Bentuk Perut Ibu Hamil, Benarkah?