Find Us On Social Media :

Menkes dan Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Jadikan Vietnam Sebagai Contoh Lockdown Indonesia

Vietnam digunakan contoh oleh menkes dan Prof. Zubairi prihal lockdown di Indonesia.

GridHEALTH.id - Sejak pemberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali, 11 Januari 2021, diperpanjang hingga 8 Februari 2021 mendatang, kasus harian Covid-19 masih bertambah lebih dari 10.000 kasus per hari.

Karenanya dari fakta ini ada wacana dan usulan Indonesia lockdown.

Baca Juga: Lockdown Disinggung Jokowi, Warga Zona Merah Dilockdown Akir Pekan, Prof Zubairi Contohkan Vietnam Sudah Bebas

Model lockdown yang diusulkan Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay, Lockdown Akhir Pekan (LAP).

"Lockdown akhir pekan itu dimaksudkan untuk mengurangi pergerakan masyarakat di ruang publik. Masyarakat yang tinggal di zona merah dan orange tidak boleh keluar rumah di akhir pekan. Mulai dari hari Jumat malam, sekitar pukul 20.00, sampai dengan Senin pagi pukul 05.00. Artinya, masyarakat tidak keluar selama 2 hari 3 malam,” ujarnya, Sabtu (30/1), seperti dilansir Kontan.co.id.

Dalam usulannya, lockdown akhir pekan, kegiatan ekonomi yang menyangkut kebutuhan pokok warga tetap boleh dijalankan. Misalnya, pemenuhan bahan makanan, minum, obat, dll.

Di luar itu, menurut Saleh, mereka yang keluar harus diberi sanksi berupa denda.

Baca Juga: Jokowi Akhirnya Bicara Soal Lockdown Indonesia: 'Enggak Apa-apa, Asal Covid-19 Turun'