Find Us On Social Media :

Infeksi Covid-19 Melambat Secara Global, Hampir 50% Dalam Sebulan

Kasus infeksi Covid-19 di seluruh dunia menunjukkan penurunan hingga 50% dalam sebulan terakhir.

GridHEALTH.id - Tingkat infeksi Covid-19 baru telah melambat hampir setengahnya selama sebulan terakhir, menurut basis data khusus Kantor Berita Prancis, Agence France-Presse (AFP), yang dirangkum dari laporan WHO, dengan jumlah kasus baru turun lagi minggu ini.

Selama sebulan terakhir, jumlah kasus baru di seluruh dunia telah turun 44,5%, penurunan terbesar dan paling berkelanjutan sejak pandemi dimulai, menurut penghitungan AFP.

Jumlah kasus Covid-19 baru terus menurun minggu lalu, dengan rata-rata 412.700 kasus per hari.

Itu kontras dengan rekor 743.000 kasus harian baru yang tercatat pada minggu 5 Januari hingga 11 Januari 2021. Infeksi baru sekarang berada di level terendah sejak Oktober 2020.

Ahli epidemiologi Antoine Flahault, direktur Institut Kesehatan Global Universitas Jenewa, mengatakan, "Sedikit banyak di mana-mana di dunia telah terjadi penurunan relatif dalam epidemi."

Namun dia mengatakan kepada AFP bahwa ada risiko rebound jika pemerintah mengulangi "kesalahan masa lalu" yang merujuk pada konsekuensi pencabutan lockdown terlalu awal di beberapa negara, contohnya musim panas lalu di Eropa.

Baca Juga: Kasus Infeksi Covid-19 di Indonesia Termasuk Tertinggi di Dunia Akibat Virus Corona Terus Diberi Ruang Gerak

Baca Juga: Statistik WHO, Kanker Payudara Paling Sering Terjadi Secara Global

Setiap wilayah di dunia telah diuntungkan dari perlambatan selama minggu lalu, penghitungan AFP hingga Kamis menemukan.