Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Keluhan Nyeri Sendi dan Otot di Masa Kehamilan

Nyeri sendi dan otot saat hamil

GridHEALTH.id - Tak hanya akan mengalami gejala mual, kelelahan, sampai kaki bengkak, kebanyakan ibu hamil akan mengalami sakit pada bagian-bagian tertentu di masa kehamilan. Seperti nyeri punggung.

Nyeri punggung yang berhubungan dengan kehamilan biasanya mempengaruhi punggung bawah.

Menurut satu ulasan yang meneliti keluhan tersebut, nyeri punggung bawah mempengaruhi lebih dari dua pertiga wanita selama kehamilan.

Nyeri punggung juga bisa muncul di dekat bagian tengah punggung ketika dokter menyebutnya nyeri pinggang, atau tulang ekor saat mereka menyebutnya sebagai nyeri panggul posterior.

Baca Juga: Asam Urat Bikin Nyeri Sendi, Ini 8 Cara Mudah dan Murah Mengatasinya

Banyak faktor, termasuk perubahan hormonal dan postur tubuh, berkontribusi pada sakit punggung selama kehamilan. Penyebabnya bervariasi antara wanita dan mungkin tergantung pada tahap kehamilan.

Kita mungkin memperhatikan banyak perubahan tubuh saat sedang hamil. Selain perubahan fisik yang normal, umumnya mengalami nyeri sendi dan otot yang meningkat selama kehamilan.

Dilansir dari americanpregnancy.org, berat badan diri sendirilah yang meningkat memberi tekanan pada lutut dan dapat memperburuk nyeri lutut.

Kita mungkin juga memperhatikan bahwa persendian tampak lebih longgar dan merasa seperti goyah saat berjalan.