Find Us On Social Media :

6 Gangguan Kecemasan yang Sering Dialami, Penyebabnya dan Gejalanya

Gangguan Kecemasan

GridHEALTH.id - Kecemasan sering kali diartikan sebagai reaksi normal terhadap stres dan dapat bermanfaat dalam beberapa situasi.

Hal itu dapat membuat kita waspada terhadap bahaya dan membantu kita mempersiapkan diri serta memperhatikan.

Gangguan kecemasan berbeda dari perasaan gugup atau cemas yang normal, dan melibatkan ketakutan atau kecemasan yang berlebihan.

Perlu diketahui, gangguan kecemasan adalah gangguan mental yang paling umum dan mempengaruhi hampir 30% orang dewasa di beberapa titik dalam hidup mereka.

Baca Juga: Idol Kpop Han Jisung 'Stray Kids' Tidak Bisa Dikelilingi Orang Dalam Jarak Dekat, Ternyata Masalahnya Karena Gangguan Kecemasan

Tetapi gangguan kecemasan dapat diobati dan sejumlah perawatan efektif tersedia. Perawatan membantu kebanyakan orang menjalani kehidupan produktif yang normal.

Dilansir dari psychiatry.org dalam artikel 'What Are Anxiety Disorders?', kecemasan mengacu pada antisipasi masalah masa depan dan lebih terkait dengan ketegangan otot dan perilaku menghindar.

Ketakutan adalah respons emosional terhadap ancaman langsung dan lebih terkait dengan reaksi perkelahian atau lari (baik bertahan untuk bertarung atau pergi untuk menghindari bahaya).

Ada beberapa jenis gangguan kecemasan yang dapat kita ketahui, dan semuanya memiliki penyebab dan gejalanya sendiri.

Baca Juga: Sering Dirasakan Selama Masa Kehamilan, Ini Penyebab Jantung Berdebar dan Cara Menangatasinya