Find Us On Social Media :

Masalah Gizi Faktor Risiko Terbesar Infeksi TBC, Pembunuh Nomor Satu pada Penyakit Menular

Data TB di Indoensia

 

GridHEALTH.id - Ternyata, walau sudah satu tahun mengalami pandemi Covid-19, faktanya penyakit TB masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia pada penyakit menular.

Di Indonesia sendiri menurut  Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu, diperkirakan 98 ribu orang Indonesia tidak tertolong akibat menderita TB per tahun, atau dengan kata lain sekitar 11 orang setiap jamnya.

Baca Juga: 11 Orang Meninggal Dunia Setiap Jam di Indonesia Karena Tuberkulosis, Indonesia Sunyi Senyap, Corona?

Di seluruh dunia, terdapat 10 juta orang terkena TB dan 1,2 juta orang di antaranya meninggal dunia. Karenanya hingg saat ini TB menjadi masalah kesehatan dunia, karena jumlah kasus dan kematian yang sangat tinggi.

Pada konferensi virtual Puncak Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2021 di channel Youtube Kemenkes, Rabu (24 Maret 2021, Maxi menyebut, estimasi penderita TB di Indonesia dalam setahun adalah 845 ribu orang dan 70 ribu diantaranya terjadi pada anak usia kurang dari 15 tahun.

"Kematian akibat TB di Indonesia sebanyak 98 ribu orang per tahun sehingga perkiraannya setiap 360 detik atau satu jam terdapat 11 orang meninggal karena TB," ujarnya.

Baca Juga: 3 Masalah Kesehatan Gigi Terbanyak di Indonesia, Mengatasinya Tidak Bisa Hanya dengan Sikat Gigi