Find Us On Social Media :

Keguguran Bisa Menandakan Adanya Masalah Kesehatan Lain, Studi

Wanita yang pernah keguguran, apalagi berkali-kali, perlu mewaspadai keseluruhan kesehatannya.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru yang menggunakan data dari Nurses 'Health Study II menemukan bahwa wanita yang mengalami keguguran tampaknya lebih mungkin meninggal sebelum usia 70 tahun dibandingkan wanita yang kehamilannya sukses hingga persalinan.

Penelitian yang diterbitkan 24 Maret di BMJ, menemukan bahwa hubungan antara keguguran dan kematian dini sangat kuat pada wanita yang mengalami keguguran sebelum usia 24 tahun atau yang mengalami tiga kali atau lebih keguguran.

“Ada semakin banyak bukti bahwa berbagai peristiwa reproduksi sepanjang hidup seorang wanita, termasuk keguguran, dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan kematian dini di kemudian hari,” kata Jorge Chavarro, MD, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston dan rekan penulis dari penelitian.

“Peristiwa seperti keguguran bisa menjadi tanda peringatan dini bagi wanita dan dokter mereka bahwa mereka mungkin memiliki kerentanan yang meningkat terhadap kondisi ini,” katanya.

"Penelitian ini adalah awal dari percakapan penting tentang keguguran dan kesehatan wanita secara keseluruhan selama kehamilan dan sepanjang masa hidup mereka, tetapi orang tidak boleh terlalu banyak khawatir tentang hubungan potensial ini," kata Samuel Bauer, MD, spesialis kebidanan dan kandungan di Duke Health di Durham, North Carolina, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Harapan hidup rata-rata perempuan di dunia adalah 81 tahun dan di dunia adalah 67 tahun. Wanita tidak boleh membaca ini dan berpikir, 'Jika saya mengalami banyak keguguran, saya kemungkinan besar akan meninggal sebelum usia 70 tahun.' Bukan itu yang dikatakan, "kata Dr. Bauer.

Baca Juga: Ingin Mencoba Hamil Lagi Setelah Keguguran, Beberapa Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Baca Juga: Oatmeal Paling Rendah Indeks Glikemik, Aman Bagi Penyandang Diabetes Saat Sahur

Aborsi spontan (istilah resmi untuk keguguran) adalah salah satu hasil buruk kehamilan yang paling umum.