Find Us On Social Media :

Angkanya Terus Meningkat, Waspadai Faktor Risiko Kanker Darah Pada Anak

Leukemia pada masa kanak-kanak dapat disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.

GridHEALTH.id - Leukemia atau kanker darah pada masa kanak-kanak dapat disebabkan oleh mutasi DNA yang dapat diturunkan dari orangtua atau mungkin terjadi secara acak selama hidup seseorang.

Leukemia, kanker darah, adalah bentuk kanker paling umum di masa kanak-kanak. Sesuai perkiraan, itu menyumbang hampir 1 dari 3 kanker pada anak-anak.

Kebanyakan leukemia pada masa kanak-kanak bersifat akut (tumbuh cepat). Sekitar 3 dari 4 leukemia pada masa kanak-kanak adalah leukemia limfositik akut (ALL), yang dimulai dari bentuk awal sel darah putih yang disebut limfosit.

Sebagian besar kasus leukemia masa kanak-kanak yang tersisa adalah leukemia myeloid akut (LMA), yang dimulai dari sel myeloid yang biasanya membentuk sel darah putih (selain limfosit), sel darah merah, atau trombosit.

Baca Juga: Paparan Radiasi Ponsel Dapat Meningkatkan Risiko Kanker Pada Anak

Baca Juga: Metformin Paling Banyak Diresepkan Untuk Diabetes Tipe 2, Begini Cara Mengonsumsinya Agar Efektivitas Terasa

Di bawah ini adalah lima faktor yang terkait dengan peningkatan risiko leukemia pada anak-anak.

1. Genetik dan lingkungan

Leukemia pada masa kanak-kanak dapat disebabkan oleh mutasi DNA yang dapat diwarisi dari orang tua atau mungkin terjadi secara acak selama hidup seseorang.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa leukemia pada masa kanak-kanak dapat disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan.