Find Us On Social Media :

Infeksi Penyakit Gigi Jangan Disepelekan, 6 Penyakit Serius Ini Bisa Muncul

Penyakit infeksi gigi bisa memunculkan risiko pekembangan penyakit yang lebih serius.

GridHEALTH.id - Banyak orang yang lalai tentang kesehatan gigi mereka karena diyakini secara luas bahwa kebersihan gigi yang buruk tidak dapat membunuh kita.

Kecuali jika sakit gigi benar-benar tak tertahankan, mereka tidak menjadi prioritas untuk memperbaiki janji temu dengan dokter gigi. Di situlah kesalahan orang.

Dalam hal kesehatan gigi, mencegah pasti lebih murah daripada mengobati. Tetapi tidak cukup merawat gigi juga dapat mempersingkat hidup kita karena penelitian menunjukkan kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko kematian secara keseluruhan.

Tidak merawat gigi dapat memunculkan penyakit infeksi yang dapat berujung pada penyakit lain yang lebih serius, bahkan berujung pada kematian. Berikut beberapa penyakit bisa muncul akibat penyakit infeksi gigi;

1. Penyakit diabetes

Karies gigi atau kerusakan gigi adalah kondisi kronis umum yang mempengaruhi banyak pasien diabetes. Karena perawatan kesehatan mulut di antara penyandang diabetes adalah perhatian yang terabaikan, kebanyakan pasien tidak segera mencari pertolongan medis untuk gigi berlubang.

Tetapi jika tidak ditangani, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan akhirnya gigi tanggal. Tanpa gigi yang tepat, kualitas hidup dan nutrisi penyandang diabetes akan sangat terhambat.

Baca Juga: 6 Penyebab Bau Mulut, Wow, Salah Satunya Ternyata Berasal Dari Pikiran!

Baca Juga: Hari Kebersihan Menstruasi ; Hanya 5 dari 10 Anak Perempuan Rutin Mengganti Pembalut, Studi

Tapi itu belum semuanya. Seorang pasien diabetes yang sebelumnya tidak pernah menjalani perawatan untuk kerusakan gigi hampir meninggal ketika infeksi dari gigi tersebut menyebar ke tulang rahangnya.

Akhirnya, infeksi menyebar ke lehernya dan menghalangi suplai udara karena terlalu banyak nanah.