Find Us On Social Media :

Diabetes Pada Bayi, Tes Ini Dapat Memprediksi Risiko Diabetes Tipe 1 Sejak Persalinan

Para ilmuwan telah mengembangkan metode yang dapat memprediksi apakah seorang anak kemungkinan akan terkena diabetes tipe 1 sejak persalinan.

GridHEALTH.id - Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun serius yang paling sering didiagnosis pada anak-anak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 90% pasien diabetes tipe 1 di seluruh dunia berusia di bawah 25 tahun.

Sebanyak 40% anak-anak dengan diabetes tipe 1 mengalami komplikasi serius yang dikenal sebagai ketoasidosis, yang terjadi ketika zat asam yang disebut keton menumpuk tingkat berbahaya dalam tubuh. Kondisi ini bisa mematikan, terutama pada anak kecil.

Sekarang, para ilmuwan telah mengembangkan metode yang dapat memprediksi apakah seorang anak kemungkinan akan terkena diabetes tipe 1 sejak persalinan.

Ini adalah pendekatan skor risiko gabungan yang memperhitungkan genetika, riwayat keluarga diabetes, dan autoantibodi pulau (islet), biomarker yang diketahui terlibat dalam diabetes tipe 1.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Nature Medicine, tim peneliti mengungkapkan bahwa metode pengujian baru secara dramatis meningkatkan prediksi anak mana yang akan mengembangkan diabetes tipe 1.

Baca Juga: 10 Pertanyaan Diabetes Pada Anak yang Sering Ditanyakan Orangtua

Baca Juga: 5 Tips Untuk Membantu Menghindarkan Diri dari Penyakit Infeksi Menular

Ini akan memungkinkan konseling risiko diabetes keluarga yang lebih baik dan meningkatkan efisiensi program untuk menyaring bayi baru lahir untuk mencegah kondisi ketoasidosis yang berpotensi mematikan, kata para penulis.