Find Us On Social Media :

Mengapa Ada Orang yang Mengalami Efek Samping Setelah Mendapat Vaksin Covid-19? FDA Beberkan Penyebabnya

Vaksin Covid-19 bisa memberikan efek samping pada sebagian orang.

GridHEALTH.id - Karena jutaan orang di seluruh dunia divaksinasi setiap hari, semakin banyak pertanyaan tentang efek samping setelah vaksinasi terus mengganggu pikiran orang.

Efek samping sementara termasuk sakit kepala, kelelahan, dan demam adalah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh meningkat, respons normal terhadap vaksin. Dan ini umum terjadi.

“Sehari setelah mendapatkan vaksin ini, saya tidak akan merencanakan apa pun yang merupakan aktivitas fisik yang berat,” kata Dr. Peter Marks, kepala vaksin Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, yang mengalami kelelahan setelah dosis pertamanya.

Tetapi inilah sebenarnya yang terjadi.  Sistem kekebalan memiliki dua lengan utama, dan yang pertama bekerja segera setelah tubuh mendeteksi penyusup asing.

Sel darah putih berkerumun ke situs, mendorong peradangan yang bertanggung jawab untuk menggigil, nyeri, kelelahan dan efek samping lainnya.

Baca Juga: Belum Optimal dan Masih Jauh dari Target, WHO Acungi Jempol Program Vaksinasi Covid-19 di Indonesia

Baca Juga: Pertanyaan Awam, Perlukah Penyandang Diabetes Khawatir Setiap Terjadi Luka?

Langkah respons cepat sistem kekebalan ini cenderung berkurang seiring bertambahnya usia, salah satu alasan orang yang lebih muda melaporkan efek samping lebih sering daripada orang dewasa yang lebih tua.