Find Us On Social Media :

Sudah Vaksin Covid-19? Tetap Jaga Kesehatan dengan Cara Ini

Ilustrasi vaksinasi.

GridHEALTH.id – Pemerintah Indonesia saat ini tengah melaksanakan program vaksinasi Covid-19. Meski demikian, masyarakat yang sudah menerima vaksin diimbau untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebab, dengan sudah disuntik vaksin bukan berarti bisa terbebas sepenuhnya dari Covid-19. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa vaksin bukanlah obat.

Melansir publikasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia 2021, vaksin Covid-19 berfungsi sebagai pendorong kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari risiko penularan atau risiko gejala berat dari Covid-19.

Artinya, seseorang yang sudah divaksin tetap berisiko tertular Covid-19. Oleh karena itu, penting untuk terus mengutamakan kesehatan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

Baca Juga: Mengapa Ada Orang yang Mengalami Efek Samping Setelah Mendapat Vaksin Covid-19? FDA Beberkan Penyebabnya

Selain menjaga pola makan sehat dan istirahat yang cukup, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Simak tipsnya berikut.

1. Rajin bersihkan rumah

Di tengah keharusan untuk melaksanakan social distancing, rumah menjadi tempat utama untuk melakukan beragam aktivitas, mulai dari bekerja, berkumpul dengan keluarga, hingga beristirahat.

Oleh karenanya, menjaga kebersihan rumah menjadi sebuah keharusan. Dikutip dari laman Very Well Mind, rumah yang bersih tidak hanya membawa ketenangan pikiran, tetapi juga dapat menciptakan lingkungan yang sehat.

Agar rumah tetap bersih, perhatikan benda-benda yang kerap menjadi sarang debu, seperti meja, rak buku, lemari, dan jendela. Pastikan benda tersebut dibersihkan hingga ke sela-sela.

Baca Juga: Jangan Sering Melakukan Disinfeksi, Berbahaya, Ini Waktu Terbaik Sesuai Update Terbaru CDC

Kemudian, jangan menumpuk baju kotor atau barang bekas di rumah karena bisa menjadi sarang kuman. Selain itu, perhatikan juga kebersihan kamar dengan cara mengganti sprei kasur setiap satu atau dua minggu sekali.