Find Us On Social Media :

Penyakit Infeksi Covid-19 Menyerang Tenggorokan, Ini Cara Mengetahuinya

Penyakit infeksi Covid-19 menyerang tenggorokan.

GridHEALTH.idSakit tenggorokan bisa menandakan adanya radang tenggorokan, infeksi bakteri atau infeksi virus termasuk infeksi virus corona (Covid-19).

Menurut Kathryn Boling, MD, spesialis pengobatan keluarga di Mercy Hospital, Baltimore, gejala apa pun saat ini sangat mungkin berkaitan dengan Covid-19 termasuk sakit tenggorokan.

Bahkan ia pernah memiliki pasien yang mengira hanya mengalami alergi, flu, atau radang tenggorokan, tapi nyatanya hasil tes menunjukkan bahwa pasiennya positif Covid-19.

Jadi, sangat penting bagi masyarakat di masa pandemi ini mewaspadai infeksi Covid-19 sampai menerima hasil tes yang membuktikan mereka negative Covid-19.

Lantas bagaimana mengetahui sakit seperti sakit tenggorokan yang dirasakan adalah Covid-19?

Jika bingung membedakan, apakah terinfeksi Covid-19 atau flu biasa, Dr. Boling menyarankan untuk menghitung mundur lima hari ke belakang, dan mengingat apakah ada kemungkinan kita berkontak erat dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19?

“Jika kita flu, itu berarti kita terserang virus, meski hanya flu,” katanya.

Sedangkan, jika kita mengalami demam, karena penyakit seperti infeksi saluran kemih atau luka yang terinfeksi, sesuatu yang hanya menyerang manusia dan disebabkan oleh bakteri yang mengganggu, pergi ke dokter adalah ide yang baik.

Tetapi, jelas Covid-19 bukan penyebabnya.

Baca Juga: Gejala Covid-19 pada Anak, Orangtua Wajib Tahu, Jangan Sampai Lengah