Find Us On Social Media :

Separuh Warga DKI Telah Terpapar Covid-19, Ini Fakta dan Ahli Epidemiologi UI Membuktikannya

Menurut hasil survei separuh warga DKI Jakarta pernah terpapar virus corona (Covid-19).

GridHEALTH.id - Penyebaran virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta kembali mengungkapkan fakta baru.

Dimana hasil Survei serologi corona terbaru mengungkapkan bahwa hampir separuh penduduk DKI Jakarta pernah terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: 10 Hari Dalam Perawatan Covid-19, Karena Komorbid Bupati Bekasi Wafat

Survei serologi itu sekitar 44,5% dari total populasi 10,6 juta penduduk pernah terinveksi virus corona.

Artinya berdasarkan hasil survei serologi sebanyak 4.717.000 orang penduduk jakarta dari berbagai lapisan umur telah terjangkiti virus corona Covid-19.

Data ini berdasarkan hasil survei serologi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI), Lembaga Eijkman, dan Centers for Disease Control (CDC) Indonesia.

Survei serologi ini secara spesifik ingin mengukur proporsi warga Jakarta yang memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.

Survei serologi sendiri merupakan teknik berbasis imunologi yang bertujuan untuk mengukur respons imun tubuh terhadap suatu antigen dari sediaan darah seseorang.

Sebagai gambaran survei serologi ini dilaksanakan berbasis populasi dengan metode sampling, pada kurun waktu 15 Maret -31 Maret 2021.

Survei serologi dilakukan di 100 kelurahan di 6 wilayah Kota/Kabupaten Administrasi, mencakup 4.919 sampel berusia >1 tahun sebanyak 98,4%, dari total 5.000 target sampel, meliputi 54% perempuan dan 46% laki-laki, dengan kelompok usia 1-14 tahun sebanyak 21,6%, 15-49 tahun 52%, dan 50+ tahun sebanyak 26,4%.

Baca Juga: PPKM Darurat dan Segala Upayanya Tidak Sukses, Anies Baswedan Tidak Segan Menjalankan Langkah Pahit Ini