Find Us On Social Media :

Kerusakan Usus Selama Infeksi Dapat Menyebabkan Stunting, Studi

Meski makan banyak dan bergizi, infeksi usus bisa menyebabkan anak mengalami malnutrisi yang mengarah ke stunting.

GridHEALTH.id - Melihat mengapa menyediakan makanan tidak selalu cukup untuk mengobati kekurangan gizi di negara berkembang, para peneliti telah menemukan bahwa kerusakan usus akibat infeksi dapat menyebabkan kekurangan gizi dan kegagalan vaksin.

Diperkirakan bahwa jika setiap ukuran nutrisi yang diketahui bermanfaat diterapkan pada setiap anak di dunia, malnutrisi global akan berkurang hanya sepertiganya, kata studi tersebut.

"Kami menemukan bahwa semakin lama anak menderita peradangan, semakin buruk nutrisi mereka, menunjukkan bahwa respons imun tubuh mungkin menjadi akar penyebab masalah malnutrisi yang mengarah ke stunting (tubuh pendek) dan target pencegahan, " kata Bill Petri dari Fakultas Kedokteran Universitas Virginia. di Amerika.

Untuk penelitian ini, para peneliti selama empat tahun terakhir telah mendaftarkan anak-anak saat lahir dan orang tua mereka dari daerah kumuh perkotaan di Dhaka, Bangladesh.

Anak-anak dikunjungi di rumah mereka dua kali seminggu, menerima perawatan medis gratis dan diamati perkembangan malnutrisinya.

Malnutrisi diukur dengan anak-anak menjadi kerdil, atau sangat pendek untuk usia mereka.

Baca Juga: Anak Stunting Berisiko Mengalami Gangguan Pendengaran Saat Dewasa

Baca Juga: Terapi Kanker Saat Pandemi Covid-19 Bisa Dilakukan Lewat Aplikasi Smartphone

Meskipun vaksinasi, perawatan medis gratis dan konseling dan perawatan gizi, stunting meningkat dari 9,5% saat pendaftaran menjadi 27,6% pada usia satu tahun.