Find Us On Social Media :

5 Penyakit Infeksi Lansia Paling Umum, Ada yang Bisa Renggut Nyawa

Kekebalan yang melemah pada lansia bisa meningkatkan risiko mengembangkan komplikasi parah dari influenza, seperti pneumonia.

GridHEALTH.id - Infeksi umum seperti influenza dan Infeksi Saluran Kemiih (ISK) dapat terjadi pada siapa saja, tetapi untuk orang dewasa di atas usia 65 tahun, penyakit ini mungkin jauh lebih sulit untuk didiagnosis.

Padahal dapat menyebabkan kesehatan kronis yang buruk, ketidaknyamanan yang berkelanjutan, risiko rawat inap yang lebih tinggi, bahkan kematian.

Faktanya, sepertiga dari semua kematian pada manula di atas 65 tahun disebabkan oleh penyakit menular, menurut American Academy of Family Physicians (AAFP).

Meskipun manula lebih rentan terhadap infeksi secara keseluruhan, manula dengan demensia atau mereka yang berada dalam perawatan jangka panjang mungkin berisiko lebih besar.

Untuk pengasuh, penting untuk mempelajari tentang infeksi yang paling umum pada orang tua dan tanda-tanda dan gejala yang sering sulit dipahami:

“Gejala nonspesifik, seperti penurunan fungsi, inkontinensia, kehilangan nafsu makan dan perubahan status mental mungkin merupakan tanda-tanda infeksi,” menurut sebuah artikel di Infectious Disease Clinics of North America.

Baca Juga: Lansia dengan Komorbid Terinfeksi Covid-19 Punya Gejala Khas, Studi

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Hydrogel, Melembapkan Kulit Hingga Anti Penuaan Dini

Jika kita tetap waspada terhadap setiap perubahan dalam kesehatan lansia dan mengambil langkah-langkah untuk menangkal infeksi apa pun yang mungkin dapat dicegah, kita dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik bagi lansia yang kita cintai.