Find Us On Social Media :

Risiko Munculnya Infeksi Pasca Bedah Berkurang Setelah Usia 65, Studi

Infeksi pasca operasi pada lansia cenderung menurun di atas usia 65 tahun.

GridHEALTH.id - Dalam salah satu penelitian terbesar hingga saat ini tentang infeksi situs bedah (Surgical Site Infection/SSI) pada orang dewasa, peneliti Duke University Medical Center di Amerika Serikat menemukan risiko infeksi pasca operasi meningkat setiap tahun pada usia hingga pasien berusia 65 tahun.

Kemudian, SSI turun dalam penurunan yang stabil setiap tahun tambahan. Tidak ada infeksi yang dilaporkan pada pasien berusia lebih dari 95 tahun.

"Saya terkejut dengan hasilnya," kata penulis utama Keith Kaye, MD, asisten profesor penyakit menular di Duke University Medical Center.

"Umumnya, risiko infeksi meningkat seiring bertambahnya usia dan saya memperkirakan risiko infeksi situs bedah juga meningkat seiring bertambahnya usia."

SSI  terjadi pada lebih dari 325.000 pasien setiap tahun di AS dan menelan biaya lebih dari $1 miliar per tahun dalam perawatan, terutama karena meningkatnya rawat inap di rumah sakit dan peningkatan morbiditas dan mortalitas pada pasien, kata Kaye.

Dari hampir 145.000 pasien yang menjalani operasi selama studi Duke, risiko infeksi situs bedah meningkat 1,% per tahun antara usia 17 dan 65 tahun.

Baca Juga: 3 Keluhan Pasca Operasi Sesar yang Sering Muncul, Ini Solusinya

Baca Juga: Bantu Tingkatkan Kesuburan Wanita, Minum Jus Jeruk Bali Setiap Hari

Risiko SSI menurun 1,2%  per tahun untuk pasien 65 tahun ke atas, katanya.