Find Us On Social Media :

Penyebab Paling Sering Berbagai Tipe Diabetes yang Perlu Diketahui

Penyebab diabetes di antaranya riwayat keluarga, etnis, kesehatan dan faktor lingkungan.

GridHEALTH.id - Penyebab diabetes bervariasi tergantung pada susunan genetik, riwayat keluarga, etnis, kesehatan dan faktor lingkungan.

Tidak ada penyebab diabetes umum yang cocok untuk setiap jenis diabetes karena penyebab diabetes bervariasi tergantung pada individu dan jenisnya.

Contohnya, penyebab diabetes tipe 1 sangat bervariasi dari penyebab diabetes gestasional. Demikian pula, penyebab diabetes tipe 2 berbeda dari penyebab diabetes tipe 1.

Padahal, penyebab diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 sangat berbeda. Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin, sedangkan diabetes tipe 2 adalah resistensi tubuh terhadap insulin.

A.  Penyebab diabetes tipe 1

Disebabkan oleh sistem kekebalan yang menghancurkan sel-sel di pankreas yang membuat insulin. Hal ini menyebabkan diabetes dengan meninggalkan tubuh tanpa insulin yang cukup untuk berfungsi secara normal.

Baca Juga: Diabetes tipe 1 dan tipe 2 Semakin Meningkat Jumlahnya, Apa Bedanya?

Baca Juga: 5 Cara Mengurangi Asupan Garam Untuk Hindari Tekanan Darah Tinggi

Ini disebut reaksi autoimun, atau penyebab autoimun, karena tubuh menyerang dirinya sendiri.Tidak ada penyebab diabetes yang spesifik, tetapi pemicu berikut mungkin terlibat:

- Infeksi virus atau bakteri

- Racun kimia dalam makanan