Find Us On Social Media :

Pertolongan Pertama Keseleo Dengan Metode RICE, Bukan Langsung Dipijat

penanganan cedera keseleo yang baik.

GridHEALTH.id - Masih banyak orang yang keliru saat menangani cedera seperti keseleo.

Dimana saat keseleo masih banyak yang justru langsung melakukan pijat dan memberikan zat panas seperti balsem pada area yang terluka.

Padahal kedua langkah itu sangat tidak disarankan karena justru berisiko membuat cedera yang dialami menjadi semakin parah.

Pentingnya pengetahuan terkait penanganan atau pertolonan pertama keseleo ini pun dijelaskan dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia seerti yang dilansir dari tribunnews.com (8/9/2021).

Menurutnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat keseleo. Pertama, saat alami keseleo, langsung berhentikan segala aktivitas dan langsung istirahat.

Kalau terpaksa berjalan, lakukan sedikit saja.

Kedua, berikan es dengan cara yang tepat pada area tubuh yang keseleo. Es jangan langsung ditempel ke bagian keseleo.

"Masukkan dulu ke dalam wadah, gelas plastik, kantong plastik, berikan air sedikit kemudian alasi kain yang tipis kemudian ditempelkan ke area terasa nyeri selama 20 menit," paparnya.

Pemberian es pada kaki bisa diulang selama dua hari pertama setiap tiga jam sekali. Ketiga, bisa dilakukan upaya kompres. Namun bukan menggunakan air panas atau dingin.

"Kompres dengan beri pembalut kain elastis. Seperti perban yang digunakan saat patah tulang, bewarna cokelat. Lalu tinggal dililit bagian keseleo," kata dr Santi lagi.

Baca Juga: Tips Mencegah Luka Pada Kaki Diabetes, Hindari Sepatu Sempit