Find Us On Social Media :

Usia Mempengaruhi Risiko Komplikasi dari Diabetes Tipe 2, Studi

Semakin tua semakin berisiko komplikasi diabetes, di antaranya kerusakan saraf pada kaki.

GridHEALTH.id - Seiring bertambahnya usia, risiko komplikasi dari diabetes tipe 2 meningkat. Misalnya, orang dewasa yang lebih tua dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

Semakin tua, kita juga lebih mungkin mengembangkan komplikasi lain dari diabetes tipe 2, seperti kerusakan saraf, kehilangan penglihatan, dan kerusakan ginjal.

Beberapa faktor risiko memengaruhi peluang  kita terkena komplikasi dari diabetes tipe 2. Beberapa di antaranya tidak mungkin dikendalikan. Lainnya dapat dikelola melalui perawatan medis atau perubahan gaya hidup.

Selain usia, risiko  mengalami komplikasi dapat bervariasi berdasarkan riwayat medis pribadi dan keluarga, sejarah diabetes dalam keluarga, berat badan, status sosial ekonomi, ras, jenis kelamin, dan kebiasaan gaya hidup.

Upaya  untuk mengelola diabetes juga dapat memengaruhi risiko kita mengalami komplikasi.

Jika kita merasa sulit untuk mengelola kadar gula darah dan hasil tes A1C Anda sering kali lebih tinggi dari yang direkomendasikan, kemungkinan kita mengalami komplikasi akan meningkat. Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga meningkatkan risiko.

Baca Juga: Penyebab Komplikasi Diabetes Seringnya Akibat Ketidakmampuan Mengelola Kadar Gula Darah

Baca Juga: Mengobati SARS, Penyakit Infeksi Menular yang Disebabkan Virus Corona

Untuk menurunkan risiko komplikasi, penting untuk mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan dokter untuk diabetes tipe 2.