Find Us On Social Media :

Mengenal Gejala Cacar Air (Chikenpox), Bisa Dihindari dengan Vaksin

Gejala cacar air di antaranya ruam yang berubah menjadi gatal, lepuh berisi cairan yang akhirnya berubah menjadi koreng.

GridHEALTH.id - Gejala klasik cacar air adalah ruam yang berubah menjadi gatal, lepuh berisi cairan yang akhirnya berubah menjadi koreng.

Ruam pertama mungkin muncul di dada, punggung, dan wajah, lalu menyebar ke seluruh tubuh, termasuk di dalam mulut, kelopak mata, atau area genital. Biasanya dibutuhkan sekitar satu minggu untuk semua lepuh menjadi koreng.

Gejala khas lainnya yang mungkin mulai muncul satu hingga dua hari sebelum ruam meliputi demam, kelelahan, hilang selera makan dan sakit kepala.

Beberapa orang yang telah divaksinasi cacar air masih bisa terkena penyakit ini. Namun, mereka biasanya memiliki gejala yang lebih ringan dengan sedikit atau tanpa lecet (atau hanya bintik-bintik merah), demam ringan atau tidak sama sekali, dan sakit untuk jangka waktu yang lebih singkat daripada orang yang tidak divaksinasi.

Tetapi beberapa orang yang divaksinasi yang terkena cacar air mungkin memiliki penyakit yang mirip dengan orang yang tidak divaksinasi.

Siapapun yang belum pernah terkena cacar air atau mendapatkan vaksin cacar air bisa terkena penyakit ini. Penyakit cacar air biasanya berlangsung sekitar 4 sampai 7 hari.

Baca Juga: Varian Delta Masih Jadi Ancaman, Dapat Menyebar Seperti Cacar Air, Para Ahli Ingatkan Jangan Kendor Lakukan Prokes

Baca Juga: 5 Pengobatan Rumahan Untuk Menghilangkan Benjolan di Bawah Mata

Beberapa orang yang terkena cacar air mungkin memiliki gejala yang lebih parah dan mungkin berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi.