Find Us On Social Media :

Cara Mengobati Cacar Api, Penyakit Infeksi Menular Akibat Virus

Cacar api yang disebabkan oleh virus herpes

 

GridHEALTH.id - Penyakit cacar api mirip dengan cacar air atau chickenpox, disebut juga herpes zoster (juga disebut herpes zoster atau zoster).

Adalah penyakit yang disebabkan oleh reaktivasi infeksi sebelumnya dengan virus herpes zoster (juga bernama varicella-zoster virus, vzv, hhv-3, atau virus cacar air yang mengakibatkan ruam kulit lokal yang menyakitkan , biasanya dengan lepuh (kantung berisi cairan) di atas kulit kemerahan.

Virus herpes zoster tidak menyebabkan herpes genital penyakit menular seksual. Penyakit itu disebabkan oleh virus lain bernama herpes genitalis (juga disebut virus herpes simpleks, tipe 2 atau HSV-2). Orang-orang yang memiliki gejala awal cacar api harus segera ke dokter karena antivirus hanya efektif jika diberikan lebih awal.

Jika ruam dengan lepuh ada di hidung seseorang atau di dekat mata, mereka harus segera dilihat oleh seorang profesional perawatan kesehatan karena virus dapat menyebar ke mata dan menyebabkan kerusakan mata atau kehilangan penglihatan (tindak lanjut cepat dengan dokter mata direkomendasikan ).

Baca Juga: Dapat Sebabkan Stunting, Orangtua Mohon Jangan Sepelekan Cacar Air pada Bayi

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Hingga 4 Oktober, Instruksi Mendagri Anak di Bawah 12 Tahun Harus Tunjukkan Hasil Antigen Negatif Jika Masuk Mal

Individu juga harus menerima perawatan sesegera mungkin jika mereka memiliki penyakit medis yang mengurangi kemampuan mereka untuk melawan infeksi.

Orang-orang ini mungkin dapat menghindari komplikasi jika diobati pada tahap awal penyakit.

Temui dokter jika kondisi berikut berkembang:

- Rasa sakit, kemerahan, atau ruam (dengan atau tanpa lepuh) di wajah, terutama jika dekat mata