Find Us On Social Media :

Mengenal 6 Gejala Gondong, Penyakit Infeksi yang Diakibatkan Virus

Sebagian besar kasus gondongan terjadi pada masa anak berusia kurang dari 15 tahun dengan proporsi tertinggi pada usia 5-9 tahun.

GridHEALTH.id - Mumps atau gondongan atau parotitis epidemika disebabkan oleh paramyxo virus. Virus ini dapat ditularkan melalui percikan ludah baik saat bersin maupun saat batuk oleh penderita atau karena bersentuhan dengan benda-benda yang telah terkontaminasi dengan ludah penderita.

Penyakit ini  dapat terjadi pada semua usia tetapi 85% kasus terjadi pada masa anak berusia kurang dari 15 tahun dengan proporsi tertinggi pada usia 5-9 tahun.

Virus parotitis masih dapat ditemukan selama 2-6 hari di tenggorokan dan 1-14 hari dapat ditemukan didalam urine, setelah terjadinya pembengkakan kelenjar.

Vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit gondongan. Penting bagi kita dan orangtua untuk mengetahui gejalanya sehingga kita dapat mengobatinya dengan baik pada waktunya untuk mencegah komplikasi.

Dilansir dari The Health Site dan Infection Control Today, berikut 6 gejala gondongan;

1. Pembengkakan

Ini adalah pembengkakan kelenjar parotis, kelenjar ludah dan merupakan gejala khas gondok. Kedua pipi terlihat bengkak dan pembengkakan tersebut sering menimbulkan rasa sakit pada salah satu atau kedua sisi rahang.

Baca Juga: Sepelekan Virus Gondok Bisa Sebabkan Impotensi, Simak Gejalanya!

Baca Juga: Penglihatan Kabur Adalah Salah Satu Gejala Dini Penyakit Diabetes

2. Demam

Demam ringan adalah gejala umum penyakit gondok.