Find Us On Social Media :

Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Menyusui, Bisa Kurangi Risiko Kematian

Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh ibu menyusui, bermanfaat untuk bayi.

GridHEALTH.id - Vaksinasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dunia, termasuk di Indonesia.

Vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan saat ini, diperuntukan untuk seluruh masyarakat, tak terkecuali ibu menyusui. Akan tetapi, masih banyak ibu hamil dan menyusui yang masih ragu untuk mengikuti vaksinasi.

Perasaan ragu itu muncul karena mereka khawatir tidak bisa menyusui anaknya, jika sudah disuntik vaksin.

Kekhawatiran tersebut nampaknya sudah harus dihilangkan. Efek samping yang dialami oleh ibu meyusui yang sudah divaksin, hanya akan bertahan selama beberapa hari dan sifatnya ringan.

Baca Juga: Baca Supaya Tidak Galau Lagi, Jawaban Satgas Covid19 Indonesia Tentang Vaksin yang Banyak Ditanyakan Masyarakat

Dikutip dari Health Harvard (05/10/2021), efek samping atau reaksi yang timbul tak selamanya buruk. Itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang membentuk antibodi untuk melawan virus.

Baca Juga: Pfizer Teliti Efek Vaksin Covid-19 pada Bayi dan Balita, Hasilnya Keluar Tahun Ini Di Kuartal Keempat

Beberapa efek samping yang terjadi, antara lain nyeri di bagian tangan yang sudah disuntik, lelah, sakit kepala, otot dan sendi sakit, serta ada juga yang merasa mual.