Find Us On Social Media :

5 Gejala Dini Peringatan Bahwa Asam Urat Sudah Ada di Tubuh Kita

Asam urat menyebabkan nyeri sendi yang merupakan gejala dini.

GridHEALTH.id - Asam urat adalah bentuk radang sendi yang sangat umum saat ini karena gaya hidup yang tidak sehat.

Ini terjadi ketika kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan terbentuknya kristal monosodium urat yang mengendap di persendian sehingga menyebabkan arthritis.

Biasanya, asam urat terdeteksi setelah serangan pertama, tetapi berikut adalah beberapa gejala awal yang dapat membantu kita mengidentifikasi kondisi pada tahap lebih awal.

1. Nyeri sendi: Seperti semua bentuk radang sendi lainnya, asam urat juga menyebabkan nyeri sendi. Tapi, dalam hal ini nyeri sendi disebabkan oleh penumpukan asam urat di cairan sinovial di sekitar sendi.

Kristal asam urat inilah yang menyebabkan persendian menjadi meradang. Ciri khas asam urat adalah bahwa hal itu terutama mempengaruhi jempol kaki atau sendi metatarsophalengeal (MTP) pertama di kaki.

Lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari, siku juga termasuk di antara area yang terkena. Nyeri biasanya digambarkan seperti ditusuk-tusuk. Ini bisa mulai kapan saja tetapi diketahui sangat parah di malam hari.

Baca Juga: Obesitas Tingkatkan Risiko Masalah Lutut Menahun Seperti Osteoartritis

Baca Juga: Mulut Kering Salah Satu Risiko Diabetes, Ini Cara Mencegahnya

2. Peradangan: Kemerahan tiba-tiba, panas dan sendi bengkak biasanya merupakan gejala pertama dari asam urat kronis atau artritis gout.