Find Us On Social Media :

Mengobati Penyakit Infeksi Cacar, Seringkali Diperlukan Isolasi di Rumah Sakit

Penyakit cacar sangat menular dan sangat mungkin penderitanya perlu diisolasi di rumah sakit.

GridHEALTH.id - Cacar (smallpox) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus cacar yang ditularkan dari orang ke orang yang menyebabkan demam tinggi, ruam yang khas, dan dulunya dapat membunuh sekitar sepertiga dari mereka yang terinfeksi.

Sebenarnya cacar (juga disebut variola) adalah satu-satunya penyakit yang telah benar-benar musnah di seluruh dunia.

Karena keberhasilan inisiatif kesehatan masyarakat di seluruh dunia yang intens, tidak ada satu pun kasus alami yang terdokumentasi dari penyakit yang sangat menular dan mematikan ini telah terjadi sejak 26 Oktober 1977.

Variola (virus penyebab cacar) adalah anggota genus orthopoxvirus, yang juga termasuk virus penyebab cacar sapi, cacar monyet, orf, dan moluskum kontagiosum.

Poxvirus adalah virus hewan terbesar, terlihat dengan mikroskop cahaya. Mereka lebih besar dari beberapa bakteri dan mengandung DNA beruntai ganda.

Karena cacar telah diberantas, satu-satunya faktor risiko saat ini untuk tertular virus adalah bekerja di laboratorium dengan virus atau jika terjadi serangan senjata biologis.

Baca Juga: Penyakit Infeksi Cacar Hanya Ditularkan Antar Manusia, Ini Gejalanya

Baca Juga: Gangguan Jantung Bisa Terjadi Setahun Setelah Sembuh dari Covid-19

Di masa lalu, faktor risiko cacar termasuk kontak dengan penderita cacar, kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi atau permukaan yang terkontaminasi, atau paparan partikel aerosol (seperti dari batuk atau bersin) dari penderita cacar.