Find Us On Social Media :

Hasil Studi, Diabetes Tipe 1 Membuat Volume Otak Anak Jadi Mengecil

Diabetes tipe 1 pengaruhi kondisi otak anak.

GridHEALTH.id - Anak dengan diabetes tipe 1 rupanya berisiko memiliki volume otak yang lebih kecil dibanding anak tanpa diabetes. Bahkan IQ verbal dan IQ keseluruhan mereka juga cenderung lebih rendah.

Hal itu seperti yang ditunjukan sebuah studi longitudinal baru yang diterbitkan dalam Diabetes Care, sebuah jurnal dari American Diabetes Association, dilansir dari News Medical Life Science (10/2/2021).

Disebutkan bahwa studi ini dilakukan selama delapan tahun oleh Nelly Mauras, MD, seorang ilmuwan penelitian klinis di Nemours Children's Health System di Jacksonville, Florida, dan Allan Reiss MD, seorang Profesor di Stanford University School of Medicine di California.

Dimana mereka membandingkan pemindaian otak anak-anak yang memiliki diabetes tipe 1 dengan anak-anak non-diabetes.

Pemindaian tersebut dilakukan untuk menilai sejauh mana paparan glikemik dapat mempengaruhi perkembangan otak.

"Temuan kami menunjukkan bahwa, meskipun peningkatan kontrol glikemik sekarang dimungkinkan dengan teknologi yang muncul, individu dengan T1D berisiko mengalami disfungsi kognitif," kata Mauras.

"Data longitudinal kami mendukung hipotesis bahwa otak adalah target komplikasi diabetes pada anak kecil. Apakah perubahan ini dapat dibalikkan dengan kontrol diabetes yang cermat memerlukan penelitian lebih lanjut," tambahnya.

Baca Juga: Hasil Studi, Diabetes Tipe 1 Bisa Pengaruhi Kecerdasan Otak Anak