Find Us On Social Media :

Diabetes Gestasional Berisiko Bagi Ibu dan Janin, Ini Cara Mencegahnya

Ibu hamil dengan diabetes gestasional perlu mengelola kadar gula darahnya secara ketat.

GridHEALTH.id - Diabetes adalah penyakit yang mempengaruhi bagaimana tubuh mengubah makanan menjadi energi. Ada tiga jenis utama diabetes: tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.

Dengan diabetes tipe 1, tubuh tidak memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang membantu gula darah masuk ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi.

Dengan diabetes tipe 2, tubuh memproduksi insulin, tetapi tidak menggunakannya dengan baik.

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang berkembang selama kehamilan.

Diabetes pada kehamilan bervariasi menurut ras dan etnis. Wanita Asia dan Hispanik memiliki tingkat diabetes gestasional yang lebih tinggi dan wanita kulit hitam dan Hispanik memiliki tingkat diabetes tipe 1 atau tipe 2 yang lebih tinggi selama kehamilan.

Diabetes selama kehamilan—termasuk diabetes tipe 1, tipe 2, atau gestasional—dapat berdampak negatif pada kesehatan wanita dan bayinya.

Baca Juga: Depresi Selama Kehamilan Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Baca Juga: WHO Serukan Pentingnya Kesadaran Bahwa Osteoporosis Tak Sekadar Penyakit Tulang Tetapi Bisa Menurunkan Kualitas Hidup

Untuk wanita dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2, gula darah tinggi sekitar waktu pembuahan meningkatkan risiko bayi lahir cacat, lahir mati, dan kelahiran prematur.