Find Us On Social Media :

4 Bukti Mengejutkan Hidup Dengan Eksim Dapat Mempengaruhi Kesehatan

Menderita eksim bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, contohnya timbulkan obesitas.

GridHEALTH.id - Eksim atau dermatitis adalah sekelompok kondisi kulit yang menyebabkan kekeringan, gatal, kemerahan pada kulit disertai ruam dan pembengkakan di seluruh tubuh.

Penyebab kondisi ini masih belum diketahui tetapi diderita baik orang dewasa maupun anak-anak. Sementara menangani kondisi itu sendiri adalah tantangan, penelitian telah menemukan bahwa itu mungkin juga menyebabkan keempat penyakit ini;

1. Asma pada anakSebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One pada tahun 2014 menemukan bahwa eksim parah pada masa bayi dikaitkan dengan peningkatan risiko asma pada usia 10 tahun.

Penelitian ini melibatkan 93 anak-anak dan peneliti mengamati bahwa jika anak tersebut juga menderita mengi bersamaan dengan eksim saat bayi, ia jauh lebih mungkin didiagnosis menderita asma.2. KegemukanIndividu yang menderita eksim juga berisiko lebih tinggi mengalami obesitas dan menderita masalah kesehatan lainnya dibandingkan dengan orang lain.

Para peneliti mengatakan bahwa orang yang menderita eksim cenderung tidak berolahraga karena berkeringat dapat memperburuk kondisi kulit mereka. Hal ini menempatkan mereka pada risiko kolesterol tinggi dan tekanan darah yang lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Khasiat Minyak Calendula yang Ampuh Untuk Mengatasi Masalah Kulit

Baca Juga: Angka Kasus di Eropa Naik Lagi Karena Varian Covid-19 AY.4.2, Perlukah Indonesia Khawatir?

3. Penyakit kardiovaskularSebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology pada tahun 2015 menemukan bahwa pasien eksim juga lebih rentan menderita penyakit kardiovaskular karena kurang berolahraga.