Find Us On Social Media :

4 Tipe Diabetes, Kenali Gejalanya dan Lakukan Pemeriksaan ke Dokter

Hampir semua tipe diabetes ditandai dengan gejala umum haus berlebihan.

GridHEALTH.id - Diabetes melitus atau lebih dikenal kencing manis adalah penyakit yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Penting diketahui, Indonesia merupakan negara dengan kasus diabetes melitus paling tinggi nomor enam setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil dan Meksiko.

Meski memiliki angka kejadian yang tinggi, diabetes melitus tergolong sebagai penyakit yang sulit dikenali sejak dini.

Oleh sebab itu, mengetahui tanda-tanda awal, jenis diabetes, dan pemeriksaan secara berkala sejak usia 30-an sangat disarankan.

Sesungguhnya ada beragam tipe diabetes, diketahui hingga mencapai belasan. Namun kali ini kita akan mengenal  tipe diabetes, yaitu diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan pradiabetes.

1. Diabetes tipe 1Meskipun ini bukan bentuk diabetes yang paling umum akhir-akhir ini, diabetes tipe 1 masih merupakan kondisi yang harus diketahui.

Baca Juga: Kesalahan Diagnosis Diabetes Tipe 3c dan Tipe 2 Masih Sering Terjadi, Berujung Pada Kesalahan Pengobatan

Baca Juga: Radang Otak Akibat Infeksi Bisa Mengancam Jiwa, Perhatikan Gejala dan Pengobatannya

Diabetes tipe 1 (sebelumnya disebut diabetes tergantung insulin atau remaja) biasanya didiagnosis pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda, namun dapat berkembang pada usia berapa pun. Diabetes tipe 1 lebih jarang daripada tipe 2—sekitar 5-10% penyandang diabetes memiliki tipe 1.