Find Us On Social Media :

PT KAI; Daftar Kereta Api yang Tidak Perlu Antigen, Cukup Keterangan Vaksin

Beberapa Kereta Api kini tak mewajibkan tes antigen.

GridHEALTH.id - PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) kini tak mewajibkan tes antigen bagi masyarkat yang ingin naik beberapa kereta api lokal.

Diketahui tes antigen sendiri adalah salah satu tes Covid-19 yang dianggap akurat, disamping tes PCR.

Menurut penjelasan di Mayo Clinic (3/8/2021), tes antigen untuk Covid-19 dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab.

Tes antigen dapat memberikan hasil dalam beberapa jam bahkan menit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemeriksaan rapid test antigen virus Corona memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan rapid test antibodi.

Terkait informasti tidak wajib antigen untuk naik kereta api ini diketahui diinformasikan langsung oleh akun resmi Instagram PT KAI @kai121_, Rabu (17/11/2021).

Dalam unggahannya itu diinformasikan bahwa beberapa layanan kereta api kini tidak mewajibkan syarat tes antigen bagi masyarakat.

Sebagai gantinya penumpang kini wajib telah mengikuti vaksinasi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) selama perjalanan.

"Syarat Naik KA Lokal, Komuter dan Aglomerasi: Tidak Wajib Skrining Antigen, Wajib Vaksin dan Prokes Ketat⁣⁣," tulis postingan @kai121_ dilansir dari tribunnews.com (19/11/2021).

Adapun anak usia di bawah 12 tahun juga sudah bisa naik KA lokal, komuter, dan aglomerasi, dengan pendampingan dari orang tua atau anggota keluarga.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar kereta api yang dapat ditumpangi tanpa skrining antigen.

Baca Juga: Segera Lakukan 5 Hal Ini Jika Alami Efek Samping Usai Vaksin Covid-19