Find Us On Social Media :

5 Penyebab Seseorang Jadi Penyandang Diabetes, Tidak Saja Faktor Keturunan

Penyebab diabetes selain genetik.

GridHEALTH.idDiabetes adalah penyakit kronis yang terjadi saat pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak bisa secara efektif menggunakan insulin. Insulin merupakan hormon yang mengatur gula darah seseorang.

Seiring berjalannya waktu, diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit jantung, gangguan penglihatan, dan gagal ginjal.

Baca Juga: Maturity Onset Diabetes of the Young (MODY), Bentuk Diabetes Genetik

Terdapat tiga jenis diabetes, yakni diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional yang terjadi ketika seorang wanita sedang hamil meskipun sebelumnya belum pernah didiagnosisi dengan kondisi ini, dikutip dari CDC, Senin (22/11/2021).

Diabetes tipe 1 dialami oleh sekitar 5-10% orang mengalami kondisi ini. Sedangkan diabetes tipe 2, membuat tubuh penyandang diabetes tidak dapat menggunakan insulin dengan baik dan menjaga gula darah tetap berada di level normal. Sekitar 90-95% orang mengaalminya.

Melansir Diabetes.co.uk, tidak ada penyebab umum diabetes karena tergantung pada individu yang mengalaminya dan jenisnya.

Baca Juga: Diabetes Pada Ibu Hamil Apakah akan Berlanjut Setelah Melahirkan?