Find Us On Social Media :

8 Gejala Meningitis Akibat Infeksi Virus Yang Perlu Diketahui

Pusing hebat adalah salah satu gejala meningitis.

GridHEALTH.id - Perlu diketahui kita cenderung mengabaikan gejala seperti demam dan sakit kepala.

Namun pada kenyataannya, gejala ini bisa menjadi gejala yang mendasari kondisi parah seperti meningitis, radang selaput otak atau jaringan.

Jika tidak diobati atau tidak terdeteksi pada waktu yang tepat, dapat menyebabkan kerusakan otak yang parah. Dr Sudhir Kumar, konsultan ahli saraf senior, Institute of Neurosciences, Hyderabad, di India, menjelaskan delapan tanda dan gejala meningitis yang perlu diwaspadai semua orang!

1. Demam: Apakah itu infeksi atau cedera, peningkatan suhu adalah salah satu gejala yang paling umum. Namun, jika dikaitkan dengan sakit kepala parah, itu memanifestasikan meningitis atau infeksi otak.

2. Sakit kepala: Meskipun demam dan sakit kepala juga berhubungan dengan migrain, jika parah dijelaskan sebelumnya, sakit kepala parah, yang bertahan selama beberapa hari, bila dikombinasikan dengan demam tinggi bisa mengindikasikan meningitis.

Oleh karena itu, jika mengalami sakit kepala dan demam selama lebih dari tiga hari, adalah bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter segera.

Baca Juga: Gejala Meningitis Pada Bayi dan Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

Baca Juga: Covid-19 Selama Kehamilan Berisiko Kelahiran Mati Pada Bayi, Studi

3. Muntah: Karena infeksi mempengaruhi otak dan memberi tekanan pada fungsi normal otak, dalam banyak kasus, orang mengalami mual dan muntah.