Find Us On Social Media :

Gejala Awal Penyakit Infeksi HIV/AIDS, Ini Yang Jadi Ciri Khas

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang bisa merusak sel-sel dalam sistem kekebalan.

GridHEALTH.id - Untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat perihal bahayanya penyakit infeksi HIV/AIDS, setiap tahun pada 1 Desember diperingati Hari AIDS Sedunia.

Dijelaskan pada laman nhs.uk (22/4/2021), bahwa HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang bisa merusak sel-sel dalam sistem kekebalan dan melemahkan kemampuan seseorang untuk melawan infeksi dan penyakit sehari-hari.

Sedangkan AIDS (acquired immune deficiency syndrome) adalah nama yang digunakan untuk menggambarkan sejumlah infeksi dan penyakit yang berpotensi mengancam jiwa yang terjadi ketika sistem kekebalan seseorang telah rusak parah oleh virus HIV.

Sementara AIDS tidak dapat ditularkan dari 1 orang ke orang lain, virus HIV bisa.

Saat ini tidak ada obat untuk infeksi HIV, tetapi ada perawatan obat yang sangat efektif yang memungkinkan kebanyakan orang dengan virus tersebut untuk hidup panjang dan sehat.

Dengan diagnosis dini dan pengobatan yang efektif, kebanyakan orang dengan HIV tidak akan mengembangkan penyakit terkait AIDS dan akan hidup hampir normal.

Lantas apa saja gejala HIV/AIDS yang perlu diwaspadai? Melansir dari laman hiv.gov (1/7/2020), ada beberapa gejala HIV yang perlu diwaspadai.

Namun tidak semua orang yang terinfeksi akan memiliki gejala yang sama. Itu tergantung pada orangnya dan pada stadium penyakit apa mereka berada.

Di bawah ini adalah tiga tahap HIV dan beberapa gejala yang mungkin dialami.

Baca Juga: Perbedaan HIV dan AIDS yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Gagal Paham