Find Us On Social Media :

Hantavirus Pulmonary Syndrome, Gangguan Pernapasan Akibat Virus dari Hewan Pengerat

Tikus, hewan pengerat yang membawa hanta virus dan menularkannya kepada manusia.

GridHEALTH.id - Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) adalah penyakit pernapasan parah, terkadang fatal, pada manusia yang disebabkan oleh infeksi hantavirus.Siapa pun yang melakukan kontak dengan hewan pengerat yang membawa hantavirus berisiko terkena HPS. Infestasi hewan pengerat di dalam dan di sekitar rumah tetap menjadi risiko utama paparan hantavirus. Bahkan orang yang sehat pun berisiko terkena infeksi HPS jika terkena virus.

Hewan pengerat yang sering menjadi perantara hanta virus adalah tikus. Hewan pengerat mengeluarkan virus melalui urin, kotoran, dan air liur mereka. Virus ini terutama ditularkan ke orang-orang ketika mereka menghirup udara yang terkontaminasi virus.Ketika urin hewan pengerat segar, kotoran, atau bahan bersarang diaduk, tetesan kecil yang mengandung virus masuk ke udara. Proses ini dikenal sebagai "transmisi udara".Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan tikus untuk menyebarkan hantavirus ke manusia:

- Jika hewan pengerat dengan virus menggigit seseorang, virus dapat menyebar ke orang itu, tetapi jenis penularan ini jarang terjadi.

Baca Juga: Disebabkan oleh Tikus, Ini Gejala Virus Hanta yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga: Hindari Macet, Drone Membawa Paru-paru Untuk Ditransplantasi di Kanada

- Para ilmuwan percaya bahwa orang mungkin bisa mendapatkan virus jika mereka menyentuh sesuatu yang telah terkontaminasi dengan urin, kotoran, atau air liur hewan pengerat, dan kemudian menyentuh hidung atau mulut mereka.