Find Us On Social Media :

Covid-19 Membuat Lebih Dari 500 Juta Orang Jadi Miskin, PBB

Ratusan juta orang menjadi miskin akibat pandemi Covid-19.

GridHEALTH.id - Lebih dari setengah miliar orang telah didorong ke dalam kemiskinan oleh pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dalam bencana ekonomi terburuk sejak Depresi Hebat pada tahun 1930, laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Bank Dunia (World Bank) mengatakan Minggu (12/12/2021).

Temuan tersebut terkandung dalam dua laporan yang diterbitkan pada Hari Cakupan Kesehatan Universal, yang menggambarkan dampak bencana Covid-19 pada kemampuan orang untuk mendapatkan dan membayar perawatan kesehatan.

Pandemi kemungkinan akan menghentikan dua dekade kemajuan global menuju cakupan kesehatan universal, memicu penurunan imunisasi dan peningkatan kematian akibat tuberkulosis dan malaria, kata WHO.

Bukti baru yang dikumpulkan dengan Bank Dunia mengungkapkan bahwa lebih dari setengah miliar orang didorong ke dalam kemiskinan ekstrem karena mereka harus membayar layanan kesehatan dari kantong mereka sendiri, WHO memperingatkan.

"Pandemi juga memicu krisis ekonomi terburuk sejak 1930-an, sehingga semakin sulit bagi orang untuk membayar perawatan," kata WHO.

"Semua pemerintah harus segera melanjutkan dan mempercepat upaya untuk memastikan setiap warganya dapat mengakses layanan kesehatan tanpa takut akan konsekuensi finansial," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus.

Baca Juga: Bekerja Lebih 55 Jam Per Minggu Tingkatkan Risiko Kematian, PBB

Baca Juga: Mengelola Diabetes Sekunder Tergantung Pada Kondisi Penyebabnya

"Ini berarti memperkuat pengeluaran publik untuk kesehatan dan dukungan sosial dan meningkatkan fokus mereka pada sistem perawatan kesehatan primer yang dapat memberikan perawatan penting di dekat rumah."