Find Us On Social Media :

Penting Diketahui, Tanda Peringatan Koma Diabetes Pada Diabetes Tipe 2

Penyandang diabetes tipe 2 yangl gulanya tidak terkontrol dengan baik bisa berisiko alami koma diabetes.

GridHEALTH.id - Koma diabetes, disebut juga diabetes ketoasidosi dapat terjadi ketika gula darah menjadi terlalu tinggi - 600 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih yang menyebabkan penyandang menjadi sangat dehidrasi.

Biasanya mempengaruhi orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dengan baik. Ini umum di antara mereka yang lanjut usia, sakit kronis, dan cacat.

Dokter tidak yakin mengapa, tetapi mereka pikir orang-orang ini mungkin tidak menyadari bahwa mereka haus atau mungkin tidak cukup minum.

Ini adalah kondisi serius, dan jika tidak segera diketahui dan ditangani dengan cepat, bisa berakibat fatal. Mengetahui gejalanya dapat membantu penyandang tetap aman.

Apa tanda peringatannya? Jika punya diabetes dan kita sangat haus dan pergi ke kamar mandi lebih sering dari biasanya selama beberapa minggu, tanyakan kepada dokter terutama jika gula darah tidak terkontrol dengan baik.

Saat tubuh kehilangan lebih banyak air, kita mungkin mengalami demam tinggi, kelemahan, mengantuk, kondisi mental yang berubah, sakit kepala, gelisah, ketidakmampuan bicara, masalah penglihatan, halusinasi, dan kelumpuhan.

Baca Juga: Koma Diabetes Paling Ditakuti Penderita Diabetes, Apa Penyebabnya?

Baca Juga: Kram Perut Parah Saat Menstruasi? Jangan Abaikan, Bisa Jadi Tanda Menstruasi Tak Normal 

Apa penyebab koma diabetes? Faktor-faktor ini dapat menyebabkan dehidrasi dan koma, yaitu infeksi, serangan jantung, gagal ginjal, obat-obatan (diuretik, beberapa obat jantung, atau steroid).