Find Us On Social Media :

Ketahui Penyebab Jerawat Pada Bayi Baru Lahir dan Cara Penanganannya

Jerawat pada bayi yang baru lahir, ini dia penyebab dan cara mengatasinya

GridHEALTH.id - Mungkin menakutkan melihat jerawat pada bayi baru lahir, tetapi ketahuilah bahwa itu umum, dan umumnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan serta pilihan pengobatan dan pengobatan untuk dicoba jika perlu.

Jerawat bayi yang baru lahir, disebut sebagai jerawat neonatal, biasanya muncul sekitar usia dua minggu pertama, meskipun dapat terjadi kapan saja sebelum usia enam minggu.

Penyebab langsung jerawat bayi baru lahir tidak diketahui. Meskipun mungkin berasal dari hormon tingkat tinggi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa reaksi inflamasi terhadap kolonisasi kulit dengan ragi Malassezia adalah penyebabnya.

Selain itu, karena kulit bayi sangat halus, jerawat bayi dapat diperparah oleh susu, susu formula, atau ludah yang bersentuhan dengan kulit.

Kain kasar atau kain yang dicuci dengan deterjen kuat juga dapat mengiritasi kulit halus dan membuat jerawat bayi terlihat lebih buruk.

Baca Juga: Kenali Kondisi Milia yang Rentan Dialami oleh Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani Resmi Naikkan Cukai Rokok Mulai 1 Januari 2021, YKI Berharap Turunkan Angka Kejadian Kanker Paru

Jerawat bayi yang baru lahir mungkin terlihat mirip dengan jerawat yang mungkin dialami selama masa remaja.