Find Us On Social Media :

5 Penyebab Paling Sering Bikin Miss V Gatal dan Cara Mencegahnya

Penyabab miss v sering terasa gatal.

GridHEALTH.id – Alat kelamin wanita merupakan anggota tubuh yang rentan mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi adalah  miss V atau vagina gatal. Ketidaknyamanan timbul saat vagina sering terasa gatal.

Setiap wanita pasti pernah merasakan vagina gatal setidaknya sekali dalam seumur hidup dan itu sebenarnya merupakan hal yang normal.

Namun jika terjadi terlalu sering, maka perlu diwaspadai. Pasalnya, vagina yang sehat tidak seharusnya gatal terlalu sering.

Baca Juga: Vitamin D Bagi Ibu Hamil, Kurangi Sakit Hingga Cegah Diabetes dan Infeksi Kehamilan

Meskipun di miss V terdapat bakteri, tapi alat kelamin bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga seharusnya tidak terlalu sering gatal, kata Audra Williams, MD, asisten profesor di obstetric dan ginekologi di University of Alabama, Birmingham School of Medicine.

“Vagina benar-benar menjaga dirinya sendiri. Ada bakteri alami yang menjaga keseimbangan dalam vagina, dan ketika keseimbangan itu ternganggu, itu bsia mengarah ke lebih gatal atau mengeluarkan banyak cairan,” ujarnya dikutip dari Prevention.com, Senin (03/01/2022).

Vagina gatal perlu dicari tahu penyebabnya, karena terdapat beberapa kondisi yang bisa memicu rasa gatal di area tersebut. Mulai dari yang bisa hilang dengan sendirinya, hingga infeksi menular seksual.

Berikut ini beberapa penyebab yang sering membuat vagina gatal.