Find Us On Social Media :

Ternyata Cukup 2 Jenis Buah Ini untuk Menurunkan Kolesterol di Tubuh

Apel dan alpukat, dua jenis buah terbaik menurunkan kolesterol.

GridHEALTH.id - Memiliki kolesterol tinggi bisa menjadi hal yang membahayakan untuk tubuh. 

Meskipun kita membutuhkan kadar kolesterol tertentu agar organ-organ tubuh berfungsi optimal, terlalu banyak dapat kolesterol menyebabkan arteri tersumbat dan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Untungnya, kita dapat menurunkan kolesterol yang sehat dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Namun, mungkin sulit untuk memutuskan makanan mana yang perlu dikonsumsi untuk menjaga jumlah kadar kolesterol pada level yang normal sehingga membuat kita tetap sehat.

Ada banyak jenis makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol,  dan menurut penelitian, ada 2 jenis buah terbaik yang mengandung bahan yang telah diketahui memiliki sifat penurun kolesterol.

1. Apel

Apel adalah buah terbaik untuk menurunkan kolesterol. Menurut Harvard Health, ada banyak makanan berbeda yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan cara unik mereka sendiri.

Misalnya, gandum dapat membantu karena kandungan seratnya yang tinggi, sementara ikan tertentu dapat membantu menurunkan kolesterol karena kadar omega-3-nya.

Jadi ada apa dengan apel secara khusus yang menjadikannya buah penurun kolesterol terbaik? Apel adalah salah satu buah dengan jumlah serat tertinggi, dan mengandung jenis serat larut tertentu yang disebut pektin.

Menurut Mayo Clinic, serat larut dapat membantu menurunkan kadar LDL (low-density lipoprotein) kita dengan mengurangi berapa banyak kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa serat pektin tidak hanya membantu mengurangi kolesterol, tetapi pektin yang ditemukan dalam apel adalah yang terbaik untuk penurun kolesterol dari sumber buah.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Kolesterol Tinggi Agar Tetap Dalam Batas Normal