Find Us On Social Media :

T&J: Bagaimana Cara Membedakan Pilek,Flu, dan Covid-19? Ini Jawabannya

Satu-satunya cara membedakan influenza, pilek dan Covid-19 adalah dengan pengujian.

GridHEALTH.id - Bukan berita menyenangkan, tetapi para pakar kesehatan telah melihat, di saat pandemi virus corona ini,  jumlah kasus flu di seluruh dunia juga meningkat.

Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa tahu jika kita menderita Covid-19 atau hanya flu?

Para ahli mengatakan pengujian adalah cara terbaik untuk menentukan apa yang kita miliki karena gejala penyakit dapat tumpang tindih.

Virus yang menyebabkan pilek, flu, dan Covid-19 menyebar dengan cara yang sama,melalui tetesan dari hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Dan mereka semua dapat menyebar sebelum seseorang menyadari bahwa mereka terinfeksi.

Waktu bervariasi ketika seseorang dengan salah satu penyakit akan mulai merasa sakit. Beberapa orang yang terinfeksi virus corona tidak mengalami gejala apa pun, tetapi masih memungkinkan bagi mereka untuk menyebarkannya.

Batuk, demam, kelelahan, dan nyeri otot umum terjadi pada flu dan Covid-19, kata Kristen Coleman, asisten profesor peneliti di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Maryland. Gejala khusus untuk Covid-19 termasuk hilangnya rasa atau bau.

Pilek biasa, sementara itu, cenderung lebih ringan dengan gejala termasuk hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Demam lebih sering terjadi pada flu.

Meskipun sudah ramai di media massa terutama media online bahwa terjadi 'penggabungan' flu dan Covid-19, Coleman saat ini masih percaya, virus belum bergabung untuk menciptakan penyakit baru.

"Tetapi ada kemungkinan untuk terkena flu dan Covid-19 pada saat yang bersamaan, yang oleh beberapa orang disebut 'flurona'

Baca Juga: Gejala Virus Corona, Tanda-tanda yang Perlu Diketahui Pada Kulit, Bibir, dan Kuku

Baca Juga: Healthy Move, Menguatkan Punggung dengan Pose Yoga Bhujangasana

Koinfeksi dalam bentuk apa pun bisa menjadi parah atau memperburuk gejala Anda sama sekali,” kata Coleman.