Find Us On Social Media :

Mengatasi Nyeri di Satu Sisi Payudara, Tak Berkaitan dengan Siklus Haid

Mengatasi nyeri di salah satu sisi payudara dengan berbagai cara.

GridHEALTH.id – Rasa nyeri satu payudara menimbulkan kekhawatiran serta rasa tidak nyaman pada seseorang yang mengalaminya.

Rasa sakit yang dirasakan di salah satu sisi payudara, bisa menjadi tanda dari nyeri payudara nonsiklik, dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (12/01/2022).

Nyeri di salah satu sisi payudara nonsiklik ini, tidak memiliki hubungan dengan siklus menstruasi.

Ketika kondisi ini terjadi, nyeri yang dirasakan seperti sedang tertusuk oleh benda tajam, sensasi nyeri, kencang, dan seperti terbakar.

Baca Juga: 6 Penyebab Nyeri Payudara yang Dirasakan Wanita, Jangan Disepelekan

Biasanya nyeri memang hanya terasa di salah satu sisi payudara saja, tapi bisa juga menyebar ke bagian payudara yang lain.

Pada wanita, nyeri satu sisi payudara lebih sering dialami oleh para ibu-ibu yang sudah memasuki masa menopause atau di atas 40 tahun.

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan nyeri satu sisi payudara, dilansir dari patient.info, Rabu (12/01/2022).

- Nyeri yang berasal dari jaringan payudara tanpa adanya benjolan, tumor, ataupun ketidaknormalan tekstur yang lain. Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum diketahui.

Baca Juga: Solusi Masalah Payudara Bengkak dan Nyeri Setelah Melahirkan

- Kostokondiritis. ini adalah kondisi saat sendi dan dinding dada meradang. Sehingga nyeri terpancar dari dinding di bawah payudara dan menimbulkan nyeri.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini disebbakan oleh adanya gangguan di tulang pada dinding dada.